Networking: Pengertian, Cara, dan Manfaat

Superadmin,
17 Januari 2025 - 10:42

Networking adalah suatu proses dimana membangun dan memelihara hubungan dengan orang lain, secara langsung atau tidak langsung dengan tujuan memperluas pengetahuan, pengalaman, atau peluang dalam karier atau bisnis. Dengan membangun networking dalam dunia kerja dapat membantu mempermudah pekerjaan, karna dengan semakin luas jaringan atau relasi yang dijalin, maka akan memberikan banyak dampak positif di dunia kerja atau kehidupan pribadi. Biasanya para professional menggunakan networking untuk memperluas jaringan kenalan, mengidentifikasi tentang peluang kerja di bidang mereka, dan meningkatkan kesadaran tentang berita dan tren di bidang mereka masing-masing. Dibawah ini ada beberapa cara untuk membangun networking dalam dunia kerja.

Gunakan Referensi

Cara pertama adalah dengan referensi, maksudnya adalah dengan referensi dapat mengenal orang baru berdasarkan pengenalan oleh orang yang telah kita kenal sebelumnya.

Memanfaatkan Media Sosial

Dengan media sosial merupakan cara efektif untuk mengenal kontak penting dengan lebih baik dan tanpa ada tekanan dari  pertemuan tatap muka yang mungkin tidak anda persiapkan.

Mengenali Lingkungan Sekitar

Dengan mengenali lingkungan sekitar akan mempermudah kamu dalam memahami bagaimana lingkungan kerja di sekitar dan lebih mudah untuk beradaptasi.

Berani Berkenalan dengan Orang Baru

Selanjutnya adalah berani untuk berkenelan dengan orang baru. Karna kamu pasti akan bertemu banyak orang yang memiliki latar belakang, pengalaman, dan watak yang berbeda-beda.

Membangun Kualitas Percakapan

Dengan membangun networking dalam dunia kerja harus memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Selain itu juga harus membangun kualitas percakapan dan mengusahakan untuk memberi perhatian kepada lawan bicara.

Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Cara untuk menumbuhkan rasa percaya diri bisa dengan mengikuti pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan kemampuan. Rasa percaya diri yang telah dibangun dapat memberi kesempatan untuk unggul dengan baik selama wawancara dalam kesempatan kerja.

 

Setelah mengerti dan memahami cara untuk membangun networking dalam dunia kerja, kamu hanya tinggal menerapkan nya dan akan mendapatkan banyak manfaat ketika membangun networking dalam dunia kerja. Selain untuk kepentingan karir, tetapi juga ada manfaat lain nya, seperti mendapatkan pekerjaan baru, promosi jabatan, mendapatkan referral karir, memberikan perkembangan karir yang positif, dukungan dan dorongan, pengembangan keterampian dan pengetahuan, dan mendapatkan pengaruh reputasi yang lebih baik. Itu dia pengertian, cara dan maanfaat dari membangun networking dalam dunia kerja. Semoga bermanfaat!